Hantaran Listrik Bahan

Spread the love

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering jumpai banyak jenis bahan. Berdasarakan sifat hantaran listriknya, bahan-bahan tersebut dibedakan atas 3 jenis yaitu: Konduktor, Isolator, dan Semikonduktor. Penggolongan 3 jenis bahan ini berdasarkan mudah atau sukar bahan tersebut menghantarkan arus listrik.

Kemampuan suatu bahan dalam menghantarkan arus listrik tergantung pada hambatan jenisnya. Bahan yang mudah menghantarkan listrik memilki hambatan jenis yang kecil, sebaliknya bahan yang sukar menghantarkan listrik memiliki hambatan jenis yang besar.Berikut ini penjelasan mengenai 3 jenis bahan tersebut.

Konduktor

Konduktor adalah bahan yang mudah menghantarkan arus listrik karena hambatan jenisnya yang kecil. Contoh konduktor adalah tembaga, alumunium, emas, perak dan lain-lain. Bahan konduktor banyak digunakan sebagai kawat penghantar atau kabel listrik

Isolator

Isolator adalah bahan yang tidak dapat menghantarkan listrik karena hambatan jenisnya yang sangat besar. Contoh isolator yaitu: Plastik, karet, kaca dan lain-lain. Bahan isolator banyak digunakan untuk pembungkus kawat penghantar

Semikonduktor

Semikonduktor adalah bahan yang sukar menghantarkan listrik. Contoh semikonduktor adalah: Silikon, germanium, dan karbon (grafit). Bahan semikonduktor dugunakan dalam alat elektronika yaitu diode, IC, dan Chip komputer.

Tabel Hambatan Jenis Bahan

Hantaran Listrik
tabel hambatan jenis bahan

Baca Juga: Hukum Coulomb, Pembahasan serta Contoh Soal


Hambatan Kawat Penghantar

Untuk menentukan hambatan pada suatu kawat penghantar digunakan persamaan:

hantaran listrik

Keterangan:

R = Hambatan kawat penghantar (Ω)

ρ = Hambat jenis bahan (Ωm)

l = panjang kawat (m)

A = Luas penampang kawat (m2)

Contoh Soal

Sebuah kawat penghantar yang terbuat dari alumunium (ρ =  2,82 x 10-8 Ωm) dengan panjang 60 meter dan berdiameter 2 mm. Berapakah hambatan kawat penghantar tersebut?

Penyelesaian:

Diketahui

ρ = 2,82 x 10-8 Ωm

l = 60 m

d = 2 mm = 2 x 10-3  m

Ditanyakan: R = ……………?

Jawab

A = ¼ πd2 = ¼ x 3,14 x 2 x 10-3 m = 1,57 x 10-3 m

R = ρl/A = (2,82 x 10-8 Ωm)(60 m)/(1,57 x 10-3 m) = 1,08 x 10-3

Baca juga pembahasan tentang: Arus Listrik; pembahasan serta contoh soal


Insert math as
Block
Inline
Additional settings
Formula color
Text color
#333333
Type math using LaTeX
Preview
\({}\)
Nothing to preview
Insert
%d blogger menyukai ini: