Arus Listrik: Pembahasan serta Contoh Soal

Spread the love
Arus listrik
arah arus listrik dan arus elektron

Apa yang menyebabkan lampu bisa menyala? lampu bisa menyala karena adanya arus listrik. Arus listrik didefenisikan sebagai aliran muatan listrik positif dari potensial tinggi (kutub positif) ke potensial rendah (kutub negatif).

Walaupun dalam kenyataannya yang mengalir adalah elektron atau arus elektron yaitu aliran muatan listrik negatif (elektron) dari potensial rendah (kutub negatif) ke potensial tinggi (kutub positif).

Syarat terjadinya arus listrik ada dua yaitu: 1) Terdapat beda potensial pada sumber arus listrik; dan 2) Dalam rangkaian tertutup.

Jenis Arus Listrik
  1. Arus listrik searah atau DC (direct current) yaitu arus listrik yang mengalir dari satu arah. Contoh sumber arus listrik yakni Baterai, Aki, dan generator DC.
  2. Arus bolak-balik atau AC (alternating current) yaitu arus listrik yang mengalir dari arah yang bergantian. Contoh sumber arus listrik bolak-balik yaitu Generator AC.


Kuat Arus Listrik

Kuat arus listrik didefenisikan sebagai besarnya muatan listrik yang mengalir pada suatu rangkaian dalam selang waktu tertentu. Artinya jika dalam suatu rangkaian dialiri arus sebesar 2 ampere, maka dalam 1 detik rangkaian tersebut dilewati muatan listrik sebesar 2 coulomb. Dan jika dihitung selama 1 menit maka muatan listrik yang melewati rangkaian sebesar 60 detik x 2 ampere = 120 coulomb.

Jika defenisi diatas ditulis dengan rumus maka:

Arus listrik

Keterangan Rumus:

I   = Kuat arus listrik dengan satuan ampere (A)

Q = Besarnya muatan listrik dengan satuan coulomb (C)

t  = selang waktu dengan satuan sekon (s)

Contoh Soal 1

Sebuah bola lampu dilewati muatan listrik sebesar 4 coulomb dalm waktu 10 sekon. Berapakah kuat arus listrik yang mengalir pada bola lampu tersebut?

Diketahui:

Q = 4 C

t = 10 s

Ditanyakan:

I = ………..?

Jawab:

I = Q/t = 4 C/10 s = 0,4 A

Contoh soal 2

Dalam suatu rangkaian listrik, dialiri arus sebesar 1,5 A selama 6 menit. Berapakah besar muatan listrik yang mengalir dalam rangkaian tersebut?

Diketahui:

I = 1,5 A

t = 6 menit = 360 sekon

Ditanyakan:

Q = ………?

Jawab:

I = Q/t ——-> Q = I x t = 1,5 A x 360 s = 540 C

Baca juga: Hantaran listrik bahan

Demikian pembahasan saya kali ini, semoga bermanfaat.


Insert math as
Block
Inline
Additional settings
Formula color
Text color
#333333
Type math using LaTeX
Preview
\({}\)
Nothing to preview
Insert
%d blogger menyukai ini: